Selasa, 25 April 2017

Stabilisasi Harga Jelang Puasa, Bawang Putih Jadi Primadona Pasar



Saat harga sembako mulai merangkak naik jelang puasa. Bukan hanya kalangan ibu-ibu saja yang berceloteh setiap kali harga naik, bahkan para suami sebagai pemberi uang ikut mengeluhkan hal yang sama. pasalnya mereka harus merogoh kocek tambahan guna memenuhi kebutuhan dapur. Apalagi masyarakat kalangan menengah kebawah yang biasanya menjerit paling kencang terkena dampak kenaikan harga bahan pangan.

Bulan ramadhan merupakan momen keagamaan bagi umat islam dimana setelah berpuasa 30 hari lalu ditutup dengan perayaan lebaran atau idul fitri. Uniknya, kenaikan harga ikan, cabe, bawang, dan bahan pangan lainnya mengalami kenaikan yang terjadi setiap bulan ramadhan.

persaingan harga cabai, bawang merah dan bawang putih

Menurut survei kami kepada beberapa pedagang yang temui di pasar Jaya Palmerah, mereka membeberkan stabilisasi harga jelang puasa terpantau normal untuk kategori sayuran. " untuk harga ikan segar naik Rp 5.000 rupiah dari harga Rp 25.000 per kg menjadi Rp 30.000 per kg ". Ujar Naimah 27 tahun pedagang di Pasar Jaya Palmerah.

Harga bahan kebutuhan pokok terpantau masih normal sebelum menjelang ramadhan, seperti harga cabai sudah turun dari Rp 150 ribu per kg menjadi Rp 60 ribu per kg, untuk harga bawang merah berada di posisi Rp 25-30 ribu per kg. Sedangkan untuk bawang putih naik dari Rp 40 ribu per kg menjadi Rp 60 ribu per kg.

" Untuk harga bahan lainnya masih stabil tapi bawang putih malah naik bersaing harga penurunan cabai, ungkap Atun (40) pedagang.

Bawang Putih Mencapai Harga Tertinggi Di Jakarta
Penyebab kenaikan harga bawang putih diduga adanya faktor masalah pasukan dan permintaan, selain itu ada unsur terjadi penimbunan pribadi yang dilakukan masyarakat karena ada kepanikan. Seperti masyarakat borong sembako lebih banyak karena takut harga makin naik dan barang kosong, jadi di timbun pribadi karena panik. Di sisi lain meski stok cukup, perilaku konsumen saat puasa juga ikut berpengaruh pada lonjakan harga.

Berdasarkan data yang dikutip dari hargapangan.id Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPSN) harga rata-rata bawang putih di Jakarta mencapai Rp 52.500 per kilogram atau tertinggi se Indonesia jika dibandingkan seluruh provinsi lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Stabilisasi Harga Jelang Puasa, Bawang Putih Jadi Primadona Pasar

Saat harga sembako mulai merangkak naik jelang puasa. Bukan hanya kalangan ibu-ibu saja yang berceloteh setiap kali harga naik, bahk...