Rabu, 19 April 2017

Libur Hari Raya Paskah, Pengunjung Padati Kalijodo




Jakarta – Libur panjang akhir pekan yang bertepatan dengan Hari Raya Paskah, menjadikan RPTRA (Ruang Publik Terpadu Ramah Anak) Kalijodo, Jakarta Utara sebagai alternatif bagi masyarakat untuk menghabiskan berlibur bersama keluarga.


RPTRA Kalijodo yang diresmikan pada 22 Februari 2017 oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Thajaja Purnama (Ahok) mendapat antusiasme pengunjung hingga luar Jakarta. RPTRA Kalijodo yang memiliki luas lahan 5.489 meter persegi dan luas bangunan 1.468 meter persegi tersebut, dilengkapi Pos Pengaduan Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak. Selain itu, PRTRA Kalijodo memiliki beberapa fasilitas seperti area bermain sepeda, lapangan sepak bola,ruang laktasi, perpustakaan, dan faslitas bermaian anak-anak.


Menurut catatan petugas kalijodo, sejak pagi tadi hingga malam ini, jumlah kendaraan yang masuk area parkir kalijodo mencapai 327 unit sepeda motor belum terhitung jumlah pengunjung yang berjalan kaki dan menggunakan kendaraan lain.


“ kenaikan volume pengunjung hari ini diperkirakan mencapai 1.000 dari hari biasa ”. Ujar pengelola PRTRA Kalijodo Dewi Mayasari saat ditemui dikawasan kalijodo, Jakarta (14/4/2017).

Beberapa badut dengan kostum kartun menghibur pengunjung dan berfoto bareng di RPTRA Kalijodo

Dia menuturkan, pengunjung yang datang beragam, mulai dari balita hingga dewasa. Selain menawarkan fasilitas bermain ramah anak, terdapat pedagang kaki lima serta cost display yang meniru karakter kartun hingga dewasa, hal tersebut diizinkan oleh Wagub DKI Jakarata  Djarot Saeful Hidayat untuk hiburan pengunjung dan yang senang mengabadikan momen dengan berselfie. Bagi pengunjung yang ingin bermain sepeda, sepatu roda, dan skeatboart namun tidak membawa. Tak perlu khawatir di RPTRA Kalijodo ada penyewaannya.  

Anak-anak bermain excavator kodirco di RPTRA Kalijodo (14/4/2017)

Salah satu permainan anak yang kami temui malam itu, cukup digemari oleh anak-anak juga orang dewasa yaitu permainan “Kodirco” yang diciptakan oleh mahasiswa dari Jawa Timur. Permainan “Kodirco” yang berbentuk menyerupai excavator sungguhan mampu meningkatkan IQ anak untuk cepat berfikir dan menyeimbangkan otak melalui gerakan tangan dan arah.


“ Permainan Excavator Kodirco terinspirasi dari alat aslinya yang sering ditemui dalam pembangunan, saya rasa ini cocok dan aman dimainkan anak-anak untuk membantu kecerdasan IQ nya. Mesin penggeraknya pakai mesin air ”. Ujar Hadi pedagang kaki lima di kalijodo.


Beberapa pengunjung kalijodo yang kami temui merasa kalijodo tempat pilihan alternatif untuk menghabiskan berlibur bersama keluarga. Sebab disediakan beragam permainan anak-anak.


“ saya bawa anak-anak ke sini dari Bekasi, saya ingin lihat kalijodo yang sekarang bagus. Anak-anak juga senang main disini banyak mainan anak-anak geratis dan aman ”. Ujar Yuli Ningsih.

2 komentar:

Stabilisasi Harga Jelang Puasa, Bawang Putih Jadi Primadona Pasar

Saat harga sembako mulai merangkak naik jelang puasa. Bukan hanya kalangan ibu-ibu saja yang berceloteh setiap kali harga naik, bahk...